Mencerahkan, Memberi wawasan

Penjara Banceuy, Saksi Sejarah Yang Terlupakan

Penjara banceuy tempat pengasingan Bung Karno tahun 1930 ini merupakan sebuah saksi sejarah yang hanya diketahui oleh segelintir orang. Kamar tahanan yang dibangun pada zaman penjajahan belanda ini terletak di jalan banceuy Bandung jawa barat, nampak berdiri kokoh meski sudah berumur cukup tua.

Walaupun banyak pejabat negara yang pernah berkunjung, namun tidak ada kepedulian dari mereka terhadap tempat sejarah ini. Perbaikan bangunan yang baru dilakukan pun didanai oleh donator setempat.Ahmad seorang penjaganya, mengaku bahwa dulu tempat ini tidak terawat sama sekali, pengabdiannya selama 27 tahunlah yang selalu menjaga tempat ini

Ketika tahun 1930 soekarno salah satu presiden pertama Indonesia, di asingkan dan ditahan selama delapan bulan di penjara banceuy.Pada masa penjajahan belanda itu soekarno dicurigai sebagai pemberontak sehingga pihak belanda menahannya di penjara ini. 

Di dalam kamar tahanan ini hanya disediakan fasilitas vispot untuk buang air kecil dan sumur dibagian luar yang sesekali digunakan soekarno untuk manndi.Kamar tahanan ini merupakan penjara sementara yang kemudian dipindahkan ke lapak suka miskin di jalan soekarno hatta.

Terdapat aura mistis yang kuat di tempat ini, ketika proses perbaikan dilakukan ada salah satu pengunjung yang mendapatkan potret sosok aneh didalam fotonya, sang penjaga Ahmad pun menuturkan bahwa tidak heran hal seperti itu terjadi.Pada bagian dalam kamar terdapat sebuah tulisan soekarno dan bendera merah putih yang diletakkan oleh penjaganya, 

karena dulunya hanya ruangan kosong, hal itu dilakukan untuk lebih menarik.
Waaupun tidak banyak orang yang mengetahui situs bersejarah ini, dan tidak ada kepedulian pemerintah sama sekali namun tempat ini tetap terjaga dan selalu terbuka untuk orang-orang yang ingin mengetahuinya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar